Langsung ke konten utama

RUMAH ADAT KALIMANTAN TENGAH



Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Rumah Adat Kalimantan Tengah, yaitu Rumah Betang. Rumah betang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat diberbagai penjuru Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat permukiman suku Dayak.

Rumah betang dibangun memanjang dengan type bangunan yang kokoh dibuat dari kayu yang berkualitas tinggi, yaitu kayu ulin, selain memiliki kekuatan yang bisa berdiri sampai dengan ratusan tahun, kayu ini juga anti rayap. Adapun rumah betang ini dibuat panggung adalah untuk melindungi penghuninya seperti menghindari musuh yang dapat datang tiba-tiba, binatang buas, ataupun banjir yang terkadang datang melanda.Hampir semua betang dapat ditemui di pinggiran sungai-sungai besar yang ada di Kalimantan


Arsitektur Rumah Betang (Huma Betang) di Tumbang Anoi merupakan rumah panjang hunian komunal masyarakat suku Dayak Ot Danum di perhuluan sungai Kahayan.

Ciri-Ciri Rumah Betang, Rumah Adat Kalimantan Tengah

Ciri-ciri rumah betang yang merupakan rumah adat Kalimantan Tengah antara lain :
  • Berbentuk panggung dan memanjang
  • Panjang rumah betang berkisar antara 30 - 50 m
  • Lebar rumah betang berkisar antara 10 - 30 m
  • Tinggi tiang rumah betang 3 - 5 m
  • Rumah betang dihuni oleh 100 - 150 jiwa.

Rumah Betang Kalimantan Tengah dapat dikatakan juga sebagai rumah suku, karena selain di dalamnya terdapat satu keluarga besar yang menjadi penghuninya dan dipimpin pula oleh seorang Pambakas Lewu. Bagian dalam betang terbagi menjadi beberapa ruangan yang bisa dihuni oleh setiap keluarga. 


Bagian Rumah Betang Kalimantan Tengah

Berdasarkan kepercayaan suku Dayak ada ketentuan khusus dalam peletakan ruang pada Rumah Betang yaitu:
  1. Pusat atau poros bangunan rumah betang di mana tempat orang berkumpul melakukan berbagai macam kegiatan baik itu kegiatan keagaman, sosial masyarakat dan lain-lain maka ruang los, harus berada ditengah bangunan.
  2. Ruang tidur. Ruang tidur pada rumah betang harus disusun berjajar sepanjang bangunan Betang. Peletakan ruang tidur anak dan orang tua ada ketentuan tertentu di mana ruang tidur orang tua harus berada paling ujung dari aliran sungai dan ruang tidur anak bungsu harus berada pada paling ujung hilir aliran sungai, jadi ruang tidur orang tua dan anak bungsu tidak boleh diapit dan apabila itu dilanggar akan mendapat petaka bagi seisi rumah.
  3. Bagian dapur pada rumah betang harus menghadap aliran sungai, menurut mitos supaya mendapat rezeki.
  4. Tangga / Hejot. Tangga dalam ruangan rumah adat Betang harus berjumlah ganjil, tetapi umumnya berjumlah 3 yaitu berada di ujung kiri dan kanan, satu lagi di depan sebagai penanda atau ungkapan rasa solidaritas menurut mitos tergantung ukuran rumah, semakin besar ukuran rumah maka semakin banyak tangga.
  5. Pante adalah lantai tempat menjemur padi, pakaian, untuk mengadakan upacara adat lainnya. Posisinya berada didepan bagian luar atap yeng menjorok ke luar. Lantai pante terbuat dari bahan bambu, belahan batang pinang, kayu bulatan sebesar pergelangan tangan atau dari batang papan.
  6. Serambi adalah pintu masuk rumah setelah melewati pante yang jumlahnya sesuai dengan jumlah kepala keluarga. Di depan serambi ini apabila ada upacara adat kampung dipasang tanda khusus seperti sebatang bambu yang kulitnya diarit halus menyerupai jumbai-jumbai ruas demi ruas.
  7. Sami berfungsi ruang tamu sebagai tempat menyelenggarakan kegiatan warga yang memerlukan.
  8. Jungkar. Tidak seperti ruangan yang pada umumnya harus ada. Sementara Jungkar sebagai ruang tambahan di bagian belakang bilik keluarga masing-masing yang atapnya menyambung atap rumah panjang atau adakalanya bumbung atap berdiri sendiri tapi masih merupakan bagian dari rumah panjang. Jungkar ditempatkan di tangga masuk atau keluar bagi satu keluarga, agar tidak mengganggu tamu yang sedang bertandang. Jungkar yang atapnya menyambung pada atap rumah panjang dibuatkan ventilasi pada atap yang terbuka dengan ditopang/disanggah kayu yang sewaktu hujan atau malam hari dapat ditutup kembali.

Nah, demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Rimah Adat Kalteng semoga bermanfaat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA YANG ADA DI KALIMANTAN TENGAH

Kalimantan Tengah    adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang memiliki pemandangan yang menarik.  Yang merupakan karakteristik dari provinsi ini adalah  hamparan hutan hujan tropis dengan iklim yang panas dan lembab  ,  sehingga wisatawan akan memasuki wilayah yang cukup hijau dan sejuk  . Provinsi ulang tahun dari Kalimantan Tengah adalah 23 Mei 1957 dan memiliki luas sekitar 157,983 km persegi.  Sebagai provinsi terbesar di Kalimantan, Kalimantan Tengah memiliki berbagai tempat wisata yang indah jika dieksplorasi dengan baik, akan membuat tujuan wisata baru dikunjungi oleh lokal dan wisatawan asing, 1. Taman Nasional Tanjung Puting Taman Nasional Tanjung Puting  terletak di semenanjung barat daya tepatnya  di Kecamatan Kumai, Kabupaten, Provinsi Kalimantan Tengah. Pada tahun 1936, daerah ini adalah cagar alam dan suaka margasatwa, kemudian ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1984. Tanjung Puting Taman Nasional di ketinggian 0-100 meter di a

Marketing

Pengertian, Fungsi, dan Konsep dalam Marketing Berikut ini  pengertian marketing dan fungsinya  dilengkapi dengan konsepnya. Apakah itu marketing atau pemasaran? Untuk mengetahuinya secara lebih lengkap dan jelas kamu dapat membaca artikel dibawah ini: A. Penjelasan Marketing Pemasaran atau marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen. Atau definisi marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan. Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang mana saja karena semua intinya sama. Marketing memang sangat erat kaitannya dengan aktivitas kehidupa